Cara Tes Sambungan Modem Router ADSL

Pada Blog ini saya akan menjelaskan Cara Test Sambungan Modem Router ADSL Bagian yang penting di perhatikan bagi para pengguna Modem / Router ADSL adalah bagian status atau diagnostik sambungan ke Internet. Melalui bagian ini kita dapat mengetahui kondisi jaringan, kecepatan sambungan dll.

Melalui fasilitas status dan diagnostik yang ada kita dapat mengetahui berbagai problem yang terjadi, apakah itu di

•    Sambungan LAN
•    Modem ADSL
•    Penyedia Jasa ADSL
•    Penyedia Jasa Internet
Modem  router TECOM AR1031 akan langsung menampilkan status sambungan ADSL pada halaman muka Web konfigurasi. Kita dapat dengan mudah melihat kecepatan upstream dan downstream, dalam hal ini 64/384Kbps, gateway default maupun DNS.
Jika kita tidak tersambung, maka default gateway, DNS dan kecepatan tidak akan ada nilainya.
Untuk mencek lebih lanjut sambungan yang ada, router TECOM AR1031 menyediakan menu diagnostic yang dapat melihat hasil test sambungan LAN, sambungan ke DSL provider dan sambungan ke Internet Service Provider.
Umumnya kita akan membutuhkan waktu beberapa saat 4-6 menit, sebelum semua sambungan DSL berjalan dengan normal.
















Pada router D-Link DSL504T, kondisi jaringan dapat dilihat pada bagian Status  ADSL. Disini kita dapat melihat kecepatan data, line attenuation dan signal to noise ratio untuk upstream dan downstream.

Mohon di perhatikan baik-baik Signal to Noise Ratio (SNR) atau Noise Margin, SNR yang baik sebetulnya sekitar 10dB, jika kabel telepon anda menghasilkan SNR  10dB kemungkinan sambungan akan sering putus. Usahakan supaya SNR 10dB atau lebih baik lagi.

Kebetulan sambungan yang digunakan menggunakan upstream / downstream = 64 / 384 Kbps. Redaman kabel telepon yang digunakan tidak terlalu parah hanya sekitar 45-65dB. Sekedar masukan saja, jika kita menggunakan radio 2.4GHz, maka redaman radio pada jarak 1 km adalah 100dB relatif besar untuk sinyal yang hanya 100mW.
Pada router D-Link DSL504T, diagnostik / test modem ADSL dapat dilakukan melalui menu Tools Test  Test. Setelah tombol “Test” di tekan, maka akan dilakukanbeberapa test mulai dari testr sambungan ke LAN, Cara test sambungan Modem Router ADSL, dan test sambungan ke Internet. Tentunya, sambungan yang baik akan memberikan PASS pada semua hasil test / diagnostik yang diberikan.








Pada router NetLink ADSL Router, statistik / status ADSL dapat dilihat melalui menu Admin Privilege  WAN Status untuk melihat kondisi sambugan, termasuk IP address, Subnet mask dan MAC address.










Fasilitas diagnostik / test, tersedia juga di bagian Admin Privilege  Diagnostic Test. Modem akan langsung men-test semua kondisi pada saat menu ini di pilih.

Saran Dan Kritik Anda Sangat Membantu Saya Dalam Menulis Artikel Selanjutnya Pada Blog Ini...
Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
tirta suryana
AUTHOR
August 7, 2011 at 3:38 AM delete

wuih seru juga nih maen disini ,
banyak ilmu komuter y

Reply
avatar
"fv aRhy"
AUTHOR
August 7, 2011 at 3:10 PM delete

jitak sukses jitak back..
#Arhy Tutorial

Reply
avatar
adhy
AUTHOR
August 7, 2011 at 10:11 PM delete

jitak sukses,jitak balik gan

Reply
avatar
seleb-online
AUTHOR
August 8, 2011 at 2:50 PM delete

mantabb om, numpang belajar

Reply
avatar
bastaryan
AUTHOR
August 8, 2011 at 3:50 PM delete

datang skalian numpang blajar.....

dateng k blog ane juga ya gan....

Reply
avatar
agha
AUTHOR
August 9, 2011 at 5:26 AM delete

thanks ilmunya gan :)

Reply
avatar

Tuliskan Saran & Kritik Anda.... ConversionConversion EmoticonEmoticon