Cara Membuat Tree Menu dengan Dreamweaver 8.0

Pada Pembahasan kali ini saya ingin membagi ilmu kepada teman-teman yang hobi ngutak-ngatik design WEB,disinilah kalian akan saya ajarkan Bagaimana Cara Membuat Tree Menu dengan Dreamweaver 8.0. navigasi merupakan komponen penting di dalam suatu website. Navigasi website sama halnya dengan navigasi sebuah kapal laut, dimana sistem navigasi yang baik tentu akan menuntun nahkoda kapal beserta seluruh penumpangnya menuju ke tujuan dengan cepat. Sebaliknya, navigasi yang buruk bukan tidak mungkin akan membuat kapal terlambat menuju ke tujuan atau bahkan tersesat di tengah laut. Navigasi di dalam website pun akan sama, yaitu jika dirancang dengan baik akan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang ia cari. Namun jika navigasi tidak dirancang dengan baik atau bahkan tidak ada navigasi sama sekali, dapat mengakibatkan pengunjung tersesat dan akhirnya akan menutup website tersebut. Dilihat dari bentuk dan susunannya, menu atau navigasi memiliki variasi yang beragam. Ada beberapa navigasi yang disusun mendatar (horizontal), ke bawah (vertical), berbentuk drop-down menu atau dapat juga berupa menu bertingkat (tree-menu). Berdasarkan teknik pembuatannya juga beragam, dari yang menggunakan HTML, CSS, Javascript, gambar sampai yang menggunakan teknologi flash. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di dalam tutorial ini akan disampaikan mengenai bagaimana membuat menu bertingkat (tree-menu) menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di salah satu web development software, yaitu Dreamweaver. Langkah-langkah dalam tutorial dicoba menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.0, namun demikian dapat juga dicoba dengan versi-versi terbaru dari Dreamweaver.
Berikut ini langkah-langkahnya

1. Buka Macromedia Dreamweaver dan buatlah sebuah halaman HTML baru dengan mengakses menu File > New.

2. Aktifkan window Behaviors melalui menu Window > Behaviors atau dengan shortcut Shift + F4 (Lihat gambar 1)

3. Buatlah sebuah link dengan text atau gambar, isi halaman tujuan link dengan # yang menandakan bahwa link tersebut jika diklik nantinya akan tetap di halaman yang sama. Sorot (select) link tersebut, kemudian dari window behaviors yang telah diaktifkan di langkah sebelumnya klik tombol Add behaviour yaitu icon dengan tanda [+]. Akan ditampilkan beberapa pilihan behaviour dan pilih Show Pop-Up Menu. Lihat gambar 2.
Gambar 2


4.contohnya di gambar 3. Jika ingin mengatur tampilan dari menu, dapat membuka
tab ‘Appearance’  dan jika ingin mengatur posisi dari menu bisa mengaktifkan tab ‘Position’
seperti terlihat pada gambar 4. Klik tombol OK jika menu sudah diatur sesuai keinginan.


Gambar 3
Gambar 4
5.Simpan halaman dan tampilkan hasilnya di browser
 dengan mengakses menu File > Preview in browser… atau shortcut F12.
 Contoh tampilan menu terlihat di gambar 5.
Gambar 5

Kesimpulan::
Cara Membuat Tree Menu dengan Dreamweaver 8.0 ternyata sangat mudah. Teknik yang digunakan oleh Dreamweaver dalam membuat menu tersebut adalah dengan javascript, sehingga menu akan ditampilkan dengan baik pada browser yang mendukung javascript.

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat untuk kita semua.


Saran Dan Kritik Anda Sangat Membantu Saya Dalam Menulis Artikel Selanjutnya Pada Blog Ini...
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
azizal
AUTHOR
December 27, 2010 at 5:50 AM delete

Bang tukar link dengan saya ya http://azizalstsetia.blogspot.com/ di sini ada download software tips blogging artikel hiburan dll

thanks sebelumnya

Reply
avatar
February 16, 2011 at 2:09 PM delete

Siiip artikelnya
bikin aq berpikir...

Reply
avatar
July 5, 2011 at 3:58 PM delete

tutorial yang seperti ini yang harus di kembangkan.
keep blogging..

Reply
avatar

Tuliskan Saran & Kritik Anda.... ConversionConversion EmoticonEmoticon